Wednesday, July 4, 2018

Makalah tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


PEMBAHASAN
A.    Latar Belakang  
Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Indonesia.  Perubahan penting yang telah terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia salah satunya adalah perubahan kurikulum, telah kita ketahuai bersama perubahan kurikulum juga diikuti perubahan perangkat pembelajaran salah satunya RPP. Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Kiranaya tidak asing lagi apabila mendengar guru-guru agama yang menyatakan keluhan-keluhan tentang pengadaan materi Bahasa Arab. Hal ini desebabkan karena adanya faktor ketakutan dari siswa itu sendiri yang menganggap materi pendidikan agama adalah materi yang paling menyulitkan untuk dipelajari atau bahkan dianggap remeh karena materi Bahasa Arab sering dijumpai. Ketika seorang guru memberikan materi Bahasa Arab saat itu juga siswa merasa kurang berminat, kurang termotifasi untuk mempelajari atau untuk menerimanya. Akibatnya, dapat mengurangi keefektifan proses belajar mengajar.
Faktor lain adalah karena basic (dasar) dari siswa. Mayoritas siswa yang belajar di sekolah-sekolah umum memiliki dasar yang minim sekali tentang Bahasa Arab khususnya pembelajaran nahwu/shorof, siswa akan mengalami kesulitan pada proses belajadibeerikan untuk mata pelajarannya.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian .
Adapun rumusan masalah yang akan di bahas dalam makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan RPP?
2.      Apa saja unsur-unsur RPP?
3.      Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP?
4.      Apa saja komponen-komponen  dan Langkah Pembuatan RPP?
5.      Bagaimana format RPP  K13 dan KTSP?

B.     Pengertian dan Tujuan RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.[1]
Berdasarkan Permendiknas No 41 tahun 2007 tertanggal 23 November tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, bahwa pengembangan RPP dijabarkan dari Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kopetensi Dasar (KD).
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan pelajaran di satuan pendidikan.
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:
1.      Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
2.      Memberi kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai denga kebutuhan peserta didik, kemampuan pendidik dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
3.      Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
C.    Unsur-unsur RPP
Pengertian dari RPP yang kepanjangannya Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Dalam membuat RPP terdapat unsur-unsur yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:
1.      Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus
2.      Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari
3.      Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
4.      Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.
Proses pengembangan pembelajaran berkaitan dengan unsur-unsur dasar karikulum yang juga merupakan unsur dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu tujuan materi pelajaran, pengalaman belajar dan penilaian hasil belajar. Pengembangan program ini merupakan suatu kesatuan yang menjelaskan adanya analisis terhadap semua komponen yang saling terkait secara fungsional. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan perangkat yang harus dilaksanakan dalam perencanaan pembelajaran yang akan dilakukannya, antara lain : (1) Memahami kurikulum; (2) Menguasai bahan ajar; (3) Menyusun program pengajaran; (4) Melaksanakan program pengajaran; dan (5) Menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam memandu guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, yang melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan merupakan langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.
D.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari:
1.      Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
2.      Bersifat fleksibel
3.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
5.      Disusun untuk setiap kompetensi dasar.
6.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP.
7.      Keterkaitan dan keterpaduan.
8.      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

E.     Komponen-komponen  dan Langkah Pembuatan RPP
Langkah-langkah minimal dari penyusunan RPP dimulai dari mencantumkan identitas RPP, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode  pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian. Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semuanya merupakan suatu kesatuan.[2]
Komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :
1.      Identitas mata pelajaran. Meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan
2.      Standar kompetensi. Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran
3.      Kompetensi dasar. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran
4.      Indikator pencapaian kompetensi. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan
5.      Tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
6.      Materi ajar. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
7.      Alokasi waktu. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
8.      Metode pembelajaran. Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.[3]
9.      Kegiatan pembelajara.
a)      Pendahuluan
b)      Inti
c)      Penutup
d)     Penilaian hasil belajar
e)      Sumber belajar



F.     Format dan Model RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : …………………………………
Kelas/Semester         : …………………………………
Tema                         : …………………………………
Sub Tema                  : …………………………………
Waktu                       :………..x……….. menit x 6 hari
A.    Kompetensi Inti
……………………………………………………………………………………………
B.     Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
D.    Deskripsi Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 3
……………………………………………………………………………………………
F.      Penilaian
……………………………………………………………………………………………
G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
……………………………………………………………………………………………
              Mengetahui,                                                                         
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas

(……………………………..)                                               (……………………………..)

G.    Format dan model RPP KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran       : .....................................................................................
Satuan Pendidikan : .....................................................................................
Kelas/Semester      : .....................................................................................
Pertemuan Ke        : .....................................................................................
Alokasi Waktu        : ...................................................... Jam pembelajaran

Kompetensi dasar :
1.       ..................................................................................................................
2.       ..................................................................................................................

Indikator :
1.1................................................................................................................
1.2................................................................................................................
2.1................................................................................................................
2.2................................................................................................................

Tujuan Pembelajaran : 
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................

Materi standar :
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................

Metode Pembelajaran :
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................

Kegiatan Pembelajaran :
1.      Kegiatan awal (Pembukaan)
a.       .................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................
2.      Kegiatan inti (Pembentukan Kompetensi)
a.       .................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................
3.      Kegiatan akhir (Penutup)
a.       ..................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................

Sumber belajar :
1.      .................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................
Penilaian
Tes tulis : ........................................................................................................
a.       Kinerja (Performansi) : ...............................................................................
b.      Produk : ......................................................................................................
c.       Penugasan/Proyek : ....................................................................................
d.      Portopolio : .................................................................................................
 Mengetahui
   Kepala sekolah                                                                           Guru


(...............................)                                                           (...........................)

H.    Kesimpulan
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.


DAFTAR PUSTAKA

Muslich Masnur, 2007, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, Jakarta : Bumi Aksara.

Hakim Lukmanul, 2009, Perencanaan Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung

Nurhayati Ai Sri, S, Si, 2012, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK. Jakarta: Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




[1] Masnur Muslich, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hal. 53
[2] Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajaran,  (CV Wacana Prima, Bandung, 2009), hlm 184
[3] Ai Sri Nurhayati, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK.  (Jakarta: Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012) Hlm 8

No comments:

Post a Comment