BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam perkuliahan yang
berbasiskan agama, kita sering di suguhi pelajaran yang bersinggungan dengan
kitab-kitab salaf sebagai referensi dalam mata perkuliahan. Kelemahan kita
adalah kesulitan memahami kitab-kitab tersebut, karena minimnya pemahaman atau
tidak memahami sama sekali kaidah-kaidah dan tata bahasa arab. Oleh karena itu,
mengerti kaidah-kaidah bahasa arab bagi
Mahasiswa bisa dikatakan sebuah tuntutan agar kita dapat memahami kitab-kitab
salaf yang menjadi sumber kita untuk memperoleh hukum islam sesuai ajaran para
ulama’ terdahulu.
Dalam tata bahasa arab, ada kata
kerja yang menunjukkan perintah dan kata kerja yang menunjukkan larangan. Kata
kerja yang menunjukkan perintah dinamakan fi’il amar.
B.
Rumusan Masalah
Topik
Pembahasan yang akan dikaji dalam makalah ini meliputi :
1. Apa
pengertian fi’il amar dan fi’il
nahi
2.
Bagaimana cara membuat fi’il amar dan fi’il nahi
3.
Hukum fi’il amar dan fi’il
nahi
4.
Apa faedah fi’il amar dan fi’il nahi
C.
Tujuan Pembahasan
Sedangkan
tujuan penulis dalam menyusun makalah ini adalah :
1. Untuk
mengetahui definisi fi’il amar
2.
Untuk mengetahui cara membuat fi’il amar
3.
Untuk mengetahui hukum fi’il amar
4.
Untuk mengetahui faedah fi’il amar
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Fi’il Amar
Menurut bahasa Fi’il Amar berasal
dari kataفعل
(fi’lun)yang artinya pekerjaan[1][1], dan kata أمر(amrun) yang artinya perintah[2][2]. Sedangkan menurut istilah yaitu
kalimat fi’il yang menunjukkan atas tuntutan(perintah) terjadinya
pekerjaan dari fa’il(subyek) ditujukan kepada mukhatab( orang
yang diajak bicara) dengan tanpa mengunakan lam amar(لـ).
مَا
دَلَّ عَلَى طَلَبِ وُقُوْعِ اْلفِعْلِ مِنَ الْفَاعِلِ الْمُخَا طَبَ بِغَيْرِ
لَامِ الْأَمْرِ.[3][3]
Ma
Dalla ‘Ala Thalabi Wuquu’i al-Fi’li Min al-Fi’li al-Mukhothoba Bighoiri Lam
al-Amri
Artinya: Adalah
fiil yang menunjukkan atas perintah terjadinya suatu pekerjaan yang datang dari
subyek(pelaku) untuk mukhotobb(orang yang diajak bicara tanpa menggunakan lam
amar. Contoh fi’il amar : أُنْصُرْ
B. Cara
Membuat Fi’il Amar Dan Fi’il Nahi
Fi’il amar itu pada dasarnya berasal dari fi’il
mudhori’, maka dari itu untuk membuat
fi’il amar tinggal membuang huruf
mudhoro’ah-nya( huruf yang ada diawal shighot Mudlhori’) jika setelah huruf mudhoro’ah-nya berupa
huruf hidup.
Huruf mudhoro’ah itu ada empat dan dikumpulkan
pada lafadz أنيت (anaytu) yaitu; hamzah, nun, ya’, ta’. dan
mungkin sudah dijelaskan di bab fi’il mudhore’ oleh pemakalah sebelumnya, Contoh; تَعَلَّمْ (belajarlah) berasal dari fi’il mudhori’
يَتَعَلَّمُ
يــــــــــــَــــــــــــــــــــــــــتَــــــــــــــــــــعـــَــــــــــلـَّــــــــــــــــــــــــــــــــــمُ
|
||||||
Lam fi’il
|
Ain fi’il pertama dan kedua(ditadlh’if)
|
Fa’ fi’il
|
Ta’ fi’il
|
Huruf mudhoro’ah
|
||
mengikuti wazan
|
||||||
يـــــــــــــــــــــــــــــَـــــــــــــــتــَـــــــــــــــــفـَــــــــــــــعّـَــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــلُ
|
||||||
Lam fi’il
|
Ain fi’il pertama dan kedua(ditadlh’if)
|
Fa’ fi’il
|
Ta’ fi’il
|
Huruf Mudhoro’ah (ya’)
|
||
Dibuang
|
||||||
Menjadi
|
||||||
تَفَعَّلُ
|
تَعَلَّمُ
|
|||||
يُشْتَقُّ
فِعْلُ الْأَمْرِ مِنَ الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ بِحَذْفِ حَرْفِ الْمُضَارَعَةِ
مِنْ أَوَّلِهِ، نَحْوُ : يَتَعَلَّمُ ـــــ تَعَلَّمْ. فَإِذَا كَانَ الْحَرْفُ
الَّذِيْ يَلِي حَرْفَ الْمُضَارَعَةِ سَاكِنًا, جِئْ بِهَمْزَةٍ.[4][6]
Yusytaqqu
fi’lu al-mri min al-fi’li al-mudhori’I bihadzfi harfi al-mudhoro’ati min
awwalihi, nahwu: yata’allamu-ta’allam. Faidzaa kaana al-harfu al-ladzi yalii
harfa al-mudhora’ati sakinan ji’ bihamzatin.
Artinya:
fiil amar berasal dari fiil mudhori’ dengan membuang huruf huruf
mudhoroah dari pertama. contoh يَتَعَلَّمُ ـــــ تَعَلَّمْ , jika huruf yang setelah huruf mudhoro’ahnya
mati maka berilah hamzah
Jika berasal dari fi’il
mudhori’ yang huruf mudlhoro’ah-nya sebelum huruf mati, maka untuk
membuat fi’il amar harus di tambahi hamzah. Ketentuan dalam
penambahan hamzah-nya fi’il amar :
1.
Hamzah washol dibaca dhommah jika ain
mudhoro’ahnya dibaca dhommah Contoh أُكْتُبْ
dari
mudhori’ يَكْتُبُ
2.
Diberi hamzah qoth’
yang dibaca fathah jika berasal dari fi’il madhi yang fi’il mudhori’nya
berasal dari fi’il ruba’i yang diawali hamzah. Contoh ; أَكْرِمْ berasal mudhori’ يُكْرِمُ dari
fi’il madlhi أَكْرَمَ
3.
Diberi hamzah washol yang
dibaca kasrah apabila tidak memiliki kriteria a) atau b). Contoh ; إجْلِسْ berasal
dari mudlhori’ يَجْلِسُ dari
madlhi جَلَسَ
Untuk
contoh ini ain mudlhori’nya dibaca kasrah, dan bukan berasal dari
fi’il mudlhori’ yang madlhinya dari Fi’il Ruba’i yang
diawali hamzah.
وَتَكُوْنُ هذِهِ الْهَمْزَةِ :
ü
هَمْزَة وَصْلٍ مَضْمُوْمَة إِذَا كَانَتْ عَيْنُ
الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ مَضْمُوْمَةً، نَحْو : يَكْتُبُ ــــ أُكْتُبْ
ü
هَمْزَة قَطْعٍ
مَفْتُوْحَة إِذَا كَانَ مَاضِي الْمُضَارِعِ رُبَاعِيًّا مَبْدُوْءًا
بِهَمْزَةٍ، أَكْرَمَ، يُكْرِمُ ــــ أَكْرِمْ
ü
هَمْزَة وَصْلٍ مَكْسُوْرَة فِيْ غَيْرِ
الْحَالَتَيْنِ السَّابِقَيْنِ، نَحْوُ : يَجْلِسُ ــــ إِجْلِسُ، يَسْتَعْلِمُ
ــــ إِسْتَعْلِمْ[5][7]
Watakunu
hadzihi al-hamzati :
a. Hamzata
washlin madlhmumatan idzaa kaanat ‘ainu al-fi’lu al-mudlhori’I madlhmumatan, nahwu:
yaktubu-uktub
b. Hamzata
qoth’in maftuhatan idzaa kaana madlhi al-mudlhori’I ruba’iyyan mabdu-an
bihamzatin, akroma, yukrimu – akrim
c. Hamzata
washlin maksurotan fi ghoiri al-halataini al-sabiqoini, nahwu: yajlisu-ijlis,
yasta’lamu-ista’lim.
Artinya
Adapun
hamzah ini adalah:
a. Hamzah
washal
yang dibaca dhummah ketika ain fiilnya fiil mudhore’ dibaca
dhummah, contoh يَكْتُبُ
ــــ أُكْتُبْ
b. Hamzah
qoth’
yang dibaca fathah jika sighot madhinya fi’il mudhori’
dari fi’il ruba’i yang diawali dengan hamzah, contoh أَكْرَمَ، يُكْرِمُ ــــ
أَكْرِمْ
c. Hamzah
washal yang
dibaca kasroh di lain dua keadaan fi’il yang sebelumnya, contoh يَجْلِسُ ــــ إِجْلِسْ،
يَسْتَعْلِمُ ــــ إِسْتَعْلِمْ
Catatan :
Fa’ fi’il amarnya dibuang
jika berasal dari fi’il madlhi bina’ mitsal ( Fa’ fi’ilnya berupa
huruf ‘illat ) contoh ; عِدْ berasal dari mudhori’ يَعِدُ dari
madlhi وَعَدَ .
Fa’
fi’ilnya
fi’il amar di buang jika berasal dari bina’ lafif
mafruq( ain fi’il dan lam fi’ilnya berupa huruf ‘illat).
Contoh ; فِ dari
mudhori’ يَفِيْ dari
madlhi وَفَى
تُحْذَفُ فَاءُالْمِثَالِ (مَا كَانَتْ فَاءُهُ حَرْفَ الْعِلَّةِ ) فِي
الْأَمْرِ، نَحْو: وَعَدَ، يَعِدُ، ـــــ عِدْ. وَتُحْذَفُ فَاءُ اللَّفِيْفِ
الْمَفْرُوْقِ (مَا كَانَتْ فَاءُهُ وَلَامُهُ حَرْفَيْ عِلَّةٍ) وَلَامُهُ فِي
الْأَمْرِ، نَحْوُ: وَفَي، يَفِيْ، ــــــ فِ. وَقَدْتُزَادُ عَلَيْهِ هَاءُ
السَّكْتِ، فَيُقَالُ : فِهْ, عِهْ ( الْأَمْرُ مِنْ وَعَى ).[6][8]
tuhdzafu
fa-u al-Mitsali (ma kaanat fa-uhu harfa al-‘Illati) fi al-amri, nahwu: wa’ada,
ya’idu, -‘id. Watuhdzafu fa-u al-Lafifi al-Mafruqi(ma kaanat fa-uhu wa lamuhu
harfaiy ‘illatin) wa lamuhu fi al-Amri, nahwu: wafa, yafi, - fi. Wa qod tuzadu
‘alaihi ha-u al-Sakti, fayuqolu: fih, ‘ih ( min wa’a).
Artinya:
fa’
fi’il amar
dari bina’ mitsal( fi’il yang fa’ fi’ilnya berupa huruf illat)
dibuang, contoh وَعَدَ، يَعِدُ، ـــــ عِد. Dan dibuang juga fa’ fi’il amarnya
bina’ mafruq( fi’il yang fa’ dan lam fi’ilnya keduanya berupa
huruf illat), contoh وَفَي،
يَفِيْ، ــــــ فِ. Dan terkadang
ditambahkan ha’ sakt, maka diucapkan فِهْ, عِهْ (amar dari lafadz وَعَى)
C.
Hukum-hukum Fi’il Amar
Hukum
Fi’il Amar adalah mabni, sedang mabninya Fi’il Amar mengikuti Fi’il
Mudlhori’ ketika dijazemkan. Dalam arti ketika Fi’il Mudlhori’nya
suatu lafadz itu dijazemkan dengan sukun, maka Fi’il Amarnya
mempunyai hukum mabni sukun. Dan jika Fi’il Mudlhori’nya dijazemkan
dengan hadzfu harfil ‘illat (membuang huruf ‘illat) maka fi’il amarnya
mempunyai hukum mabni hadzfi harfil ‘illat. Macam-macam Mabni dalam
Fi’il Amar :
1.
Mabni Sukun
Fi’il Amar mepunyai hukum mabni sukun jika berasal dari Fi’il Madlhi yang shohih
akhir (huruf akhirnya tidak berupa huruf ‘illat), dan tidak
bertemu alif tatsniyah (alif yang menunjukkan ma’na dua), wawu jama’ (wawu
yang menunjukkan ma’na jama’), ya’ mu’annats mukhothobah (ya’
yang menunjukkan makna perempuan yang diajak bicara), atau bertemu nun jama’
niswah. Contoh ; إِضْرِبْ,
إِضْرِبْنَ
2.
Mabni Hadzfi Harfil ‘Illat
Jika berasal dari fi’il mu’tal akhir ( huruf akhirnya
berupa huruf ‘illat) Contoh; إِ سْعَ لِلْخَيْرِ dari kata إِسْعَى
3.
Mabni Hadzfi Nun
Jika fi’il amarnya bertemu dengan
alif tatsniyah, atau wawu jama’, atau ya’ mu’annats mukhothobah.
Contoh
إِدْرِسَا dari lafadz إِدْرِسَانِ (belajarlah kalian
berdua).
إِدْرِسُوْا dari lafadz إِدْرِسُوْنَ
( belajarlah kalian
semua).
إِدْرِسِيْ dari lafadz إِدْرِسِيْنَ (belajarlah kamu perempuan).
4. Mabni Fath
Ketika bertemu dengan nun
taukid ( nun yang berguna untuk menguatkan ), baik nun taukid tsaqilah
atau nun taukid khofifah.
Contoh; إِدْرِسَنَّ, إِدْرِسَنْ
Dalam hukum Fi’il Amar ini
sebetulnya terjadi khilaf (perbedaan pendapat) antara antara para ulama’
Basroh ( Bashriyyun) dengan
ulama’ Kufah (Kuffiyyun).
Menurut ulama’ Bashroh “ Fi’il
Amar itu hukumnya mabni akan tetapi menurut ulama’ Kufah bahwa Fi’il Amar itu bukan mabni.
Menurut pendapat beliau(ulama’ Kufah) Fi’il Amar dijazemkan oleh lam amar (lam yang meunjukkan makna perintah)
yang muqoddaaroh(dikira-kirakan). Karena menurut para ulama’ Kufah, Fi’il
Amar itu sama dengan Fi’il Mudhori’, contoh إِضْرِبْ , asal kata nya dari لِتَضْرِبْ. Kemudian lam amarnya dibuang karena takhfif (ringan),
kemudian ta’nya dibuang
karena dikhawatirkan ada serupa dengan fi’il mudhori’
ketika waqaf, lalu huruf pertamanya diberi hamzah washol maka
menjadi إِضْرِبْ.
(تَنْبِيْهٌ) إِخْتَلَفَ
الْبَصْرِيُّوْنَ وَالْكُوْفِيُّوْنَ فِي بِنَاءِالْأَمْرِ فَقَالَ
الْبَصْرِيُّوْنَ بِأَنَّهُ مَبْنِيٌّ
وَقَالَ الْكُوْفِيُّوْنَ بِأَنَّهُ غَيْرُ مَبْنِيٍّ بَلْ مَجْزُوْمٌ بِلَامِ
الْأَمْرِ مُقَدَّرَةٍ لِأَنَّهُ مقتطع عِنْدَهُمْ مِنَ الْمُضَارِعِ فَأَصْلُ
إِضْرِبْ عِنْدَهُمْ لِتَضْرِبْ فَخُذِفَتِ اللَّامُ تَخْفِيْفًا ثُمَّ التَّاءُ
لِخَوْفِ الْإِلْتِبَاسِ الْأَمْرِ حِيْنَئِذٍ بِالْمُضَارِعِ ثُمَّ أُتِىَ
بِهَمْزَةِالْوَصْلِ فَصَارَ إِضْرِبْ[7][10]
(tanbihun) ikhtalaf al-Bashriyyuuna wa
al-Kuufiyyuuna fi bina-I al-Amri faqoola al-Bashriyyuna bi-annahu mabniyyun wa
qoola al-Kuufiyyuuna bi-annahu ghoiru mabniyyin
bal majzuumun bilaami al-Amri muqoddarotin li-annahi muqtathi’un
‘indahum min al-Mudlhori’i fa-ashlu idlhrib ‘indahum litadlhrib fakhudzifat
al-Lamu takhfiifan tsumma al-Ta’u likhoufi al-Iltibasi al-Amri hina-idzin bi
al-Mudlhori’i tsumma utiya bihamzati al-Washli fa shooro idlhrib.
Artinya:
Para ulama’ bashrah dan kufah
berbeda pendapat dalam masalah bina’nya fiil amar. Para ulama’ bashrah
berkata bahwa fiil amar hukumnya mabni, sedangkan para ulama
kufah berkata bahwa fiil amar hukumnya bukan mabni melainkan dijazemkan dengan lam amar yang
dikira-kirakan. Menurut beliau(ulama’ kufah)
fi’il amar berasal dari fi’il mudhore’ . jadi asal
dari إِضْرِبْ
menurut beliau adalah لِتَضْرِبْ, kemudian lamnya dibuang dengan alasan takhfif(meringankan),
kemudian ta’nya dibuang karena takut serupanya fi’il amar dengan fi’il
mudhore’, kemudian diberi hamzah washal maka jadilah إِضْرِبْ
No comments:
Post a Comment